
Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan wakil Kepala Sekolah di SMP Muhammadiyah 30 Jakarta oleh Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Jakarta Timur
Jakarta, 11 Desember 2024 —
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) serta Pendidikan Non Formal (PNF) Muhammadiyah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Timur menggelar Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan wakil Kepala Sekolah di SMP Muhammadiyah 30 Jakarta pada Kamis, 11 Desember 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas manajemen sekolah.
Tim penilai terdiri dari:
- Bapak Musoddik, M.Pd – Perwakilan PDM Jakarta Timur
- Bapak Nasir Hamzah, M.Pd – Perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM)
- Bapak Fauzan Ismail, S.Pd – Perwakilan PCM
Dalam sambutannya, tim penilai menyampaikan pesan penting mengenai pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Penilaian kinerja kepala sekolah dan wakil kepala sekolah tidak hanya berfokus pada individu, tetapi juga pada kerjasama tim yang solid untuk mendukung pencapaian target sekolah.
Pesan dari Tim Penilai:
- Penilaian kinerja melibatkan seluruh stakeholder sekolah.
- Kerjasama dalam mewujudkan visi dan misi sekolah adalah kunci keberhasilan.
- Sekolah harus memiliki program kerja yang terukur, dengan target dan tujuan yang jelas.
Laporan Pelaksanaan PKKS: Kegiatan PKKS dimulai pukul 08.00 WIB dengan rangkaian agenda meliputi:
- Pembukaan oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 30 Jakarta.
- Presentasi laporan kegiatan sekolah oleh Kepala Sekolah.
- Penilaian dokumen dan observasi kegiatan sekolah.
- Diskusi dan wawancara dengan dewan guru serta siswa.
- Penyampaian evaluasi sementara oleh tim penilai.
Evaluasi:
- Sekolah telah memiliki program kerja yang baik, namun masih memerlukan peningkatan dalam pengukuran pencapaian target.
- Dokumentasi kegiatan dan laporan perlu lebih terstruktur.
- Kerjasama antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan seluruh staf harus lebih ditingkatkan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja.
Rencana Tindak Lanjut:
- Menyusun program kerja yang lebih terukur dengan indikator keberhasilan yang jelas.
- Meningkatkan kapasitas dokumentasi dan pelaporan melalui pelatihan bagi staf administrasi.
- Mengadakan workshop atau pelatihan untuk memperkuat sinergi antarstakeholder sekolah.
- Melakukan evaluasi berkala terhadap program kerja dan pencapaian target sekolah.
Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, SMP Muhammadiyah 30 Jakarta diharapkan dapat terus meningkatkan mutu pendidikan serta mewujudkan visi dan misi sekolah secara optimal.